Kamis, 15 Oktober 2009

jarkom : pengertian protokol TCP dll

TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)

Protokol yang berfungsi untuk proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet.
Global system for mobile communication (GSM) merupakan standar yang diterima secara global untuk komunikasi selular digital. GSM adalah nama group standardisasi yang di mapankan pada tahun 1982 untuk menghasilkan standar telepon bergerak di eropa, digunakan sebagai formula spesifikasi untuk pan-eropa system selular radio bergerak yang bekerja pada frekuensi 900 Mhz. Dan diperkirakan banyak negara lainnya diluar eropa akan turut menggunakan teknologi GSM.
Pada tutorial ini akan diperkenalkan konsep dasar GSM, spesifikasi, jaringan, dan layanannya. Cerita singkat mengenai evolusi jaringan akan dituturkan guna mempermudah pemahaman tentang GSM.
GPRS (General Packet Radio Service) adalah teknologi yang digunakan dalam jaringan GSM untuk menangani komunikasi data. Dalam jaringan GPRS digunakan teknologi Mobile IP untuk menyampaikan pesan dari gateway yang menangani paket data GSM ke gateway yang menangani konversi paket data GSM ke paket data TCP/IP atau sebaliknya.

Jaringan GPRS
1. Apa Itu GPRS?
GPRS yang termasuk dalam kelas 2.5 G adalah standard komunikasi data di jaringan GSM yang kecepatan transfernya mencapai 115 kbps. Dengan adanya GPRS ini jaringan GSM bisa memisah paket data kecepatan tinggi dengan suara.
Dengan adanya GPRS ini pengguna bisa terus terkoneksi ke internet. Pengguna tidak perlu dial up terus menerus ketika akan melakukan koneksi ke internet. Tagihan internet tidak berdasar lama waktu penggunaan internet namun berdasar banyaknya data yang dikirim/diterima.

2. Alasan Teknis Penggu
CDMA merupakan sistem seluler yang menggunakan IS-95A sebagai standard air interface. Dalam perkembangannya CDMA mengalami perbaikan sampai pada CDMA 2000 yang berganti standard menjadi IS-95B. Untuk pengembangan selanjutnya CDMA Code Division Multiple Access (CDMA) adalah teknologi digital seluler yang menggunakan sistem pengkodean yang unik, dijamin kenyaman tinggi dan memiliki kapasitas spektrum yang besar.Sistem ini menggunakan kode – kode korelatif untuk membedakan satu pengguna dengan pengguna yang lain. Sinyal - sinyal CDMA itu pada penerima dipisahkan dengan menggunakan sebuah korelator yang hanya melakukan proses despreading spektrum pada sinyal yang sesuai. Sinyal- sinyal lain yang kodenya cocok, tidak di-despread dan hasilnya sinyal - sinyal lain itu hanya menjadi noise interferensi. CDMA 2000 IX EV-DO adalah tahap pertama dari evolusi CDMA 2000 IX. Spesifikasi IX EV-DO ditetapkan oleh oganisasi standar 3G, 3GPP2 (IS-856). EV-DO menempatkan data dan suara dalam kanal yang terpisah sehingga data dapat dikirimkan dalam kecepatan 2,4 Mbps. EV-DO dikenal sebagai High Rate Packet Data Air Interface. EV-DO adalah teknologi yang memungkinkan layanan internet secara wireless. Berikut adalah parameter penting dari standar:
High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah suatu teknologi terbaru dalam sistem telekomunikasi bergerak yang dikeluarkan oleh 3GPP Release 5 dan merupakan teknologi generasi 3,5 (3,5G). Teknologi yang juga merupakan pengembangan dari WCDMA, sama halnya dengan CDMA 2000 yang mengembangkan EV-DO ini didesain untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA mempunyai layanan berbasis paket data di WCDMA downlink dengan data rate mencapai 14,4 Mbps dan bandwith 5 MHz pada WCDMA downlink. Untuk jenis layanan streaming, dimana layanan data ini lebih banyak pada arah downlink daripada uplink, atau dengan kata lain user lebih banyak men-download daripada meng-upload. Selain dapat meningkatkan kecepatan transfer data, ada beberapa kelebihan dari HSDPA, yaitu :
• High Speed Downlink Shared Channel ( HS DSCH ), dimana kanal tersebut dapat digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lain.
• Transmission Time Interval ( TTI ) yang lebih pendek, yaitu 2 ms, sehingga kecepatan transmisi pada layer fisik dapat lebih cepat.
• Menggunakan teknik penjadwalan / scheduling yang cepat
• Menggunakan Adaptive Modulation and Coding ( AMC )
• Menggunakan fast Hybrid Automatic Response request (HARQ)

Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.
UMTS merupakan suatu revolusi dari GSM yang mendukung kemampuan generasi ketiga (3G). UMTS menggunakan teknologi akses WCDMA dengan system DS-WCDMA (Direct Seqence Wideband CDMA). Terdapat dua mode yang digunakan dalam WCDMA dimana yang pertama menggunakan FDD (Frequency Division Duplex) dan kedua dengan menggunakan TDD (Time Division Duplex). FDD dikembangkan di Eropa dan Amerika sedangkan TDD dikembangkan di Asia. Pada WCDMA FDD, digunakan sepasang frekuensi pembawa 5 MHz pada uplink dan downlink dengan alokasi frekuensi untuk uplink yaitu 1945 MHz – 1950 MHz dan untuk downlink yaitu 2135 MHz – 2140 MHz. Perbandingan antara spreading rate (kecepatan chip tiap detik) terhadap user data rate (kecepatan simbol data user tiap detik) dikenal sebagai spreading factor. Hal ini menandakan bahwa semakin tinggi chip rate, maka semakin banyak user yang dapat ditampung. Pengertian lainnya adalah dalam menentukan jumlah user, semakin besar jumlah chip rate, maka semakin tinggi kecepatan data yang diperoleh masingmasing user. Dalam WCDMA, chip rate yang digunakan sebesar 3,84 Mbps.

Arsitektur WCDMA-UMTS
IPX/SPX (Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange)
Merupakan protokol yang digunakan dalam jaringan komputer untuk produk server berbasis Novell NetWare. IPX/SPX tidak direkomendasikan untuk penggunaan sistem non- NetWare, karena IPX/SPX tidak universal seperti halnya protokol TCP/IP.
Protokol ini hampir sama dengan Net-Beui, hanya saja protokol ini dapat dirounting sehingga memungkinkan terjadinya MAN.

WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access)
Merupakan teknik multiple access yang berdasarkan spektral, dimana sinyal informasi tersebar pada pita frekuensi yang lebih besar daripada lebar pita sinyal aslinya (informasi). Sitem WCDMA hanya memerlukan satu chanel frekuensi radio untuk semua pemakainya, masing-masing pemakai diberi kode antara pengguna satu dengan yang lain. Skema metoda akses yang digunakan penyebaran sinyal WCDMA adalah direct sequence, dimana code sequence digunakan secara langsung untuk memodulasi sinyal radio yang dipancarkan dengan menggunakan sinyal penebar.
W-CDMA merupakan system DSCDMA, dimana bit informasi user disebarkan melalui suatu bandwidth yang lebar dengan cara memultiply data user dengan bit – bit quasi random yang disebut chip yang berasal dari kode sebaran CDMA. Pada dasarnya bandwidth pembawa yang lebar mendukung pelayanan untuk user dengan kecepatan data yang tinggi dan juga mempunyai kelebihan – kelebihan tertentu seperti multipath diversity.
Wideband Code Division Multiple Access adalah salah satu teknologi utama yang dipakai dalam sistem komunikasi wireless generasi ketiga 3G. Di dalam sistem WCDMA user yang berbeda dapat secara simultan mengirim data dalam data rate yang berbeda. Sebagaimana teknologi multiple akses lainnya, TDMA (Time Division Multiple Access) yang membagi kanal dalam domain waktu dan FDMA (Frequency Division Multiple Access) yang membagi kanal dalam domain frekuensi, CDMA mendasarkan pembagian kanal berdasarkan kode yang berbeda. Tiap kanal dalam CDMA menggunakan kode-kode unik yang ditentukan, penggunaan kode unik untuk setiap kanal akan menyebabkan turunnya pengaruh interferensi antar kanal dalam sistem transmisi radio.
Komponen – komponen utama jaringan GPRS adalah:
a. GGSN ; adalah gerbang penghubung jaringan GSM dengan jaringan internet.
b. SGSN ; adalah perbang penghubung jaringan BSS/BTS ke GPRS.
c. PCU ; adalah komponen di level BSS yang menghubugkan terminal ke jaringa GPRS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar