Selasa, 27 Oktober 2009

The Types Of Server

THE TYPES OF SERVER

Dalam teknologi informasi, sebuah server (biasanya disebut server aplikasi) adalah &#8220, sebuah program aplikasi yang menerima sambungan untuk permohonan servis dan memberikan kembali respons&#8221. Sebuah server aplikasi dapat dijalankan pada komputer yang sama dengan client yang menggunakan server tersebut, atau dapat tersambung melalui jaringan komputer. Beberapa contoh server adalah file server, database server, backup server, print server, mail server, web server, FTP server, application server, VPN server, DHCP server, DNS server, WINS server, logon server, security server, domain controller, backup domain controller, proxy server, firewall, dll.


FTP SERVER

FTP server merupakan sebuah server yang memanfaatkan File Transfer Protocol (FTP) untuk keperluan transfer file antar mesin pada jaringan TCP/IP. FTP adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas komputer antar mesin-mesin dalam sebuah jaringan internet atau intranet.

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan proses download dan upload data. FTP Server dapat diakses menggunakan FTP klien yang berjalan pada modus Konsole / Terminal maupun modus GUI.

Berikut adalah cara melakukan setting FTP Server pada OpenSUSE menggunakan vsftpd. vsftpd terkenal sebagai ftp server yang handal dan tingkat securitynya cukup powerful.

Instalasi & Aktivasi

  1. Buka konsole / terminal (ALT + F2, konsole)
  2. Install paket vsftpd

view source

print?

1.sudo zypper in vsftpd

  1. Tambahkan service vsftpd

view source

print?

1.sudo chkconfig --add vsftpd

  1. Jalankan service vsftpd

view source

print?

1.sudo service vsftpd start

  1. Testing FTP Server

view source

print?

1.ftp localhost


Konfigurasi Tambahan

Secara default, FTP Server yang baru diinstall hanya memperbolehkan akses dengan authentikasi anonymous dan terbatas. File konfigurasi vsftpd terletak pada folder /etc/vsftpd.conf dan dapat diubah sesuai dengan kebutuhan. Silakan buka file konfigurasi tersebut dengan text editor.

Penggunaan Klien FTP

OpenSUSE menyediakan berbagai macam software FTP yang dapat digunakan secara mudah. Beberapa diantaranya adalah :

  • Akses FTP melalui konsole dengan perintah : ftp alamat-ftp-server, misalnya ftp localhost atau ftp 192.168.0.1 atau ftp ftp.vavai.com
  • Akses FTP menggunakan gftp
  • Akses FTP menggunakan kftpgrabber
  • Akses FTP menggunakan fireftp, dalam bentuk Firefox Addons

Sumber: http://opensuse.or.id/panduan/server-setup/opensuse-sebagai-ftp-server/konfigurasi-ftp-server-pada-opensuse-via-konsole/


SERVER WEB

Server Web adalah perangkat lunak yang melayani permintaan file-file dari browser Web. Server web biasanya disebut juga sebagai HTTP (Hypertext Transfer Protocol ) sever.


SERVER APPLIKASI

Server Applikasi adalah perangkat lunak yang berfungsi menerjemahkan kode-kode dinamis menjadi kode-kode statis HTML (Hypertext Markup Language ).

Server komputer (biasanya disebut server saja) adalah sistem komputer yang dibuat untuk menjalankan aplikasi server. Sebuah komputer server yang dialokasikan untuk menjalankan sebuah aplikasi server yang spesifik sering kali disebut dengan nama aplikasi tersebut. Contoh, jika software Apache HTTP server dijalankan di komputer server perusahaan, maka biasanya di sebut Web Server saja. Aplikasi server dapat dibagi pada beberapa komputer tergantung pada beban yang ada. Untuk beban yang ringan, semua aplikasi server dapat saja dijalankan bersamaan pada sebuah mesin komputer. Untuk beban yang berat, biasanya sebuah aplikasi server akan dijalankan pada beberapa mesin komputer sekaligus. Pada beban yang sedang, biasanya sebuah komputer digunakan untuksebuah aplikasi server. Untuk menjaga kemungkinan ke gagalan maupun pembobolan server, sebaiknya sebuah server tidak digunakan sebagai workstation / desktop. Jangan heran kalau server di Linux umumnya tidak mengaktifkan GUI (grafik) untuk membuat ringan kerja server, karena GUI biasanya sangat mengkonsumsi memory

Komputer server biasanya diidentifikasi dari model yang dirancang khusus untuk menjalankan aplikasi server, biasanya dengan beban tinggi, ditinggalkan, dalam waktu lama mungkin bulanan bahkan tahunan. Sebetulnya semua “workstation” dapat saja menjalankan sistem operasi server dan aplikasi server, tapi sebuah komputer server biasanya mempunyai fitur-fitur yang menyebabkan lebih baik digunakan untuk aplikasi server. Beberapa perbedaan sebuah komputer server, memiliki prosesor dan memory yang cepat, lebih banyak RAM, harddisk lebih besar, lebih reliable, cadangan power supply, cadangan harddisk (RAID), bentuk dan ukuran yang kompak, disain yang modular (seperti blade server), dapat dipasang di rak atau kabinet, mengarahkan konsol serial dll.

Sumber: http://students.stttelkom.ac.id/web/weblog_entry.php?e=547


SERVER DATABASE

Server Database adalah perangkat lunak yang berfungsi mengolah data yang diminta oleh server applikasi. Untuk membuat applikasi web berbasiskan database, komputer atau sistem jaringan harus memiliki paling tidak satu buah sistem database. Jenis database yang bisa digunakan antara lain misalnya: Ms Access, SQL Server, Oracle atau MySQL.


FAX SERVER

Sebuah server faks adalah satu set perangkat lunak yang berjalan pada sebuah komputer server yang dilengkapi dengan satu atau lebih faks-mampu modem (atau dedicated papan faks) yang melekat pada saluran telepon, atau yang lebih baru-baru ini, perangkat lunak emulator modem yang menggunakan T.38 ( "Fax over IP ") teknologi untuk mengirimkan sinyal melalui jaringan IP. Its function is to accept documents from users, convert them into faxes, and transmit them, as well as to receive fax calls and either store the incoming documents or pass them on to users. Fungsinya adalah untuk menerima dokumen dari pengguna, mengubahnya menjadi fax, dan mengirimkan mereka, serta untuk menerima panggilan faks dan menyimpan baik dokumen-dokumen yang masuk atau meneruskannya pada pengguna. Users may communicate with the server in several ways, through either a local network or the Internet . Pengguna dapat berkomunikasi dengan server dengan beberapa cara, melalui jaringan lokal atau internet. In a big organization with heavy fax traffic, the computer hosting the fax server may be dedicated to that function, in which case the computer itself may also be known as a fax server. Dalam organisasi besar dengan faks berat lalu lintas, komputer server hosting faks dapat didedikasikan untuk fungsi tersebut, dalam hal ini komputer itu sendiri mungkin juga dikenal sebagai server fax.


Sumber: http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Fax_server&prev=/translate_s%3Fhl%3Did%26q%3DFax%2Bserver%2Badalah%26tq%3DFax%2Bserver%2Bis%26sl%3Did%26tl%3Den


CHAT SERVER

Chat Berbasis Web, chat Server memungkinkan anda untuk melakukan chatting dengan teman-teman tanpa perlu meng-install satu aplikasi apapun pada sisi client. Cukup mengalokasikan 1 PC sebagai chat sever. Rekan kerja anda cukup menggunakan web browser (IE7, Netscape, Opera, atau Mozilla) tanpa perlu menambahkan plug-in atau software lainnya. Edisi profesionalnya mendukung 128 SSL Encryption Chat yang membuat hampir mustahil bagi seseorang untuk mencuri password dan isi chatting anda.

Easy chat Server memiliki built-in system termasuk HTTP Web Server, Multi-Threaded Communication Engine, Server Scrypt System, Password Protection.

Sumber: http://i-comers.com/showthread.php?t=8270


PROXY SERVER

Proxy Server adalah server yang bertugas menyimpan sementara (cache) file html server lain, kegunaannya adalah untuk mempercepat akses internet.

Tentang Proxy ServerUntuk dapat menikmati fasilitas World Wide Web dengan lebih cepat gunakanlah Proxy Server. Proxy Server adalah sebuah server yang dilengkapi dengan software khusus yang melayani permintaan dokumen World Wide Web dari pengguna Internet.Jaringan Proxy Server Indo.net IndoInternet adalah ISP pertama di Indonesia yang memiliki jaringan proxy server. Keuntungan jaringan proxy server jika dibandingkan dengan hanya menggunakan sebuah proxy server adalah:
Permintaan dari pengguna akan dapat dilayani dengan lebih cepat
Kehandalan proxy server lebih terjamin, jika salah satu proxy server tidak berfungsi, maka proxy server lainnya akan menggantikan fungsinya.

Lebih efisien dan menghemat bandwidth.

Automatic Proxy ConfigurationDengan menggunakan Automatic Proxy Configuration akan meningkatkan kehandalan menggunakan proxy server. Jika proxy server yang sedang anda gunakan tiba-tiba tidak dapat digunakan, browser anda secara otomatis akan menggunakan proxy server lainnya, jika tidak ada proxy server lainnya yang dapat melayani anda, browser anda akan secara otomatis langsung meminta dokumen WWW dari server tanpa bantuan proxy server. Hal ini akan memudahkan anda, anda tidak usah mengganti setting proxy server anda.

Sumber: http://winafebruarita.blogspot.com/2006/02/proxy-server-proxy-server-adalah.html


MAIL SERVER

Mail Server adalah suatu entitas berupa komputer yang bertindak sebagai sebuah server (penyedia layanan) dalam jaringan komputer / internet, serta memiliki fungsi untuk melakukan penyimpanan (storing) dan distribusi yang berupa pengiriman (sending), penjaluran (routing), dan penerimaan (receiving) e-mail.

Mail Server berjalan dengan beberapa protokol pada TCP/IP, yakni SMTP (port 25), POP3 (port 110), dan IMAP (port 143). Mail Server memiliki tiga komponen utama yang menyusunnya,

yakni Mail Transfer Agent (MTA), Mail Delivery Agent (MDA), dan Mail User Agent (MUA).

MTA bertugas mengatur pengiriman dan penerimaan e-mail, MDA bertugas mengatur

pengiriman e-mail ke alamat yang sesuai pada jaringan lokal, sementara MUA bertugas untuk

menjadi antarmuka yang menghubungkan user dengan Mail Server. Secara ringkas, cara kerja Mail Server ditunjukkan dalam gambar berikut ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar